Neoratnayuwinda

welcome in my 2nd time

proposal q pasca seminar : PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002 – 2006

on March 29, 2008

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.5 Metode dan Tehnik Penelitian
1.6 Tinjauan Pustaka
1.7 Sistematika Penulisan
BAB II PENDIDIKAN DI TANJUNG PRA LP3-AP
2.1 Keadaan Geografis kota Tanjung
2.2 Sebaran Lembaga Pendidikan di Tanjung
2.3 Keadaan Umum Lembaga Pendidikan di Tanjung
2.3.1 Lembaga Pendidikan Formal
2.3.2 Lembaga Pendidikan Non-formal
BAB III LEMBAGA PENGEMBANGAN POTENSI PENDIDIKAN – ADARO PAMA (LP3-AP)
3.1 LP3-AP dalam Struktur Organisasi Adaro – Pama
3.2 Profil LP3-AP
3.2.1 Sejarah berdirinya LP3-AP dan Profilnya
3.2.2 Link LP3-AP dalam melakukan program kerja
3.3 Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR)
3.3.1 Pengertian Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR)
3.3.2 CSR, Politik Etis atau Bukan?
3.3.3 Profil CSR dan dampaknya terhadap Pendidikan di Tanjung
BAB IV PERAN KEBERADAAN LP3-AP DAN CSRNYA TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002 – 2006
4.1 Sekolah Percontohan
4.2 Sekolah Biasa
4.3 Perbandingan kualitas sekolah percontohan dengan sekolah biasa
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran-saran

BAB I
PENDAHULUAN
PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002 – 2006
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada zaman sekarang sangat diperlukan pendidikan berwawasan global, bermoral, mandiri, berkualitas, dan siap berkontribusi dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan yang mana keadaan pendidikan yang ada sekarang masih belum bergerak kearah sana karena banyak terkait persoalan klasik, yakni dana.
Beruntunglah kota Tanjung mempunyai potensi untuk pengembangan pendidikan yang diharapkan tersebut, dengan sumber daya alam (SDA) yang dimilikinya. PT. Adaro-Pama selaku perusahaan tambang yang besar menyadari bahwa SDA yang diambil harus dapat memberikan manfaat kepada wilayah operasionalnya yakni dengan mengkonversikannya kedalam peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan.
PT. Adaro melalui Community Developmentnya pada tahun 2005 secara resmi mendirikan Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro-Pama (LP3-AP) untuk mewujudkan kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan di daerah Operasional bisnis diantaranya adalah kota Tanjung.
Ketertarikan akan masalah ini adalah adanya rasa bangga bisa merekam kemajuan pendidikan disuatu daerah, apalagi daerah asal sendiri dalam suatu paparan deskriptif dan tertulis.
Pemilihan temporal yaitu sekitar tahun 2002-2006, sementara spasialnya adalah kota Tanjung kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu wilayah operasional dari perusahaan tambang yang telah disebut diatas.
1.2 Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang diatas, rumusan masalah yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah :
a. Bagaimana pendidikan di kota Tanjung pra LP3-AP?
b. Siapa yang berperan dalam pengembangan potensi pendidikan di Tanjung?
c. Apa yang terjadi pasca berdirinya LP3-AP?                                                                              

d. Apa peran CSR terhadap pendidikan di Tanjung 2002-2006?
1.3 Batasan Masalah
Yang menjadi batasan dalam tulisan ini ada 2 yaitu batasan temporal dan batasan spasial. Batasan temporal adalah batasan kurun waktu yang menjadi objek penelitian yaitu tahun 2002-2006 dengan pertimbangan Karena lembaga yang menjadi objek penelitian yakni Community Development dan LP3-AP berdiri pada tahun baru-baru ini yakni 2002 dan 2005, dan akan dilihat keproduktifan lembaga ini hingga akhir tahun 2006. Sedang spasialnya, karena tempat kelahiran penulis, merupakan salah satu wilayah bisnis operasional dari perusahaan yang bersangkutan, dan adanya sekolah percontohan tingkat SLTP dan SLTA yang juga termasuk objek yang ingin dibahas dalam tulisan ini, juga banyaknya karyawan dari perusahaan yang bersangkutan berasal dari kota Tanjung ini.
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan beberapa peran LP3-AP kepada pendidikan di Tanjung sebagai bentuk ganti rugi pengambilan butir batubara, untuk menuntaskan keingintahuan besar peran CSR untuk pendidikan kota tanjung dan ingin membuktikan bahwa keberadaan perusahaan tambang tidak selalu membawa muatan negative juga membuktikan bahwa keberadaannya memang memiliki andil untuk kemajuan pendidikan di Tanjung.
 Sedang manfaat dari penelitian ini antara lain diharapkan dapat memperkaya perpustakaan daerah, provinsi dan arsip daerah, sekolah, Perguruan tinggi, dan web pribadi, memperkaya khasanah pengetahuan insan pelajar dan masyarakat umum tentang sejarah pendidikan local, untuk feed back atau umpan balik bagi LP3-AP sendiri tentang aktivitasnya, dan yang terakhir semoga bisa memberikan ilham bagi penulisan berikutnya dengan perusahaan yang berbeda.
1.5 Metode dan tehnik Penelitian
Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode Deskriptif, yaitu menggambarkan suatu permasalahan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dalam tulisan ini dideskripsikan mengenai PT. Adaro yang melaksanakan kebijakan Corprate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk memanfaatkan tiap sumber daya alam yang tidak terbarukan dengan disalurkan kepada pembangunan SDM melalui pendidikan, yang ditangani oleh Lembaga pengembangan potensi pendidikan (LP3-AP) dibawah naungan Community Development, disamping itu juga akan disertakan sebaran lembaga pendidikan beserta keadaan fisik dan kualitas secara umum, baik formal maupun non-formal. Berikut peran dari LP3-AP dan CSRnya berupa sekolah percontohan.
Sedang tehnik penelitian yng digunakan dalam pengumpulan data  adalah observasi dan wawancara pada objek penelitian melalui serangkaian tanyajawab secara langsung. Tehnik kedua adalah studi kepustakaan dengan sejumlah literature dan guku untuk melengkapi data yang mungkin tidak didapatkan dari tehnik pertama atau melengkapinya.
1.6 Tinjauan Pustaka
Keadaan pendidikan dikota Tanjung pra LP3-AP berdiri dianalisa dari data Diknas dan BPS Kabupaten Tabalong tentang keadaan lembaga pendidikan di Tanjung secara fisik atau bangunan dan kualitasnya dan sebaran lembaga pendidikan di Tanjung, juga observasi dan wawancara pada lembaga yang kompeten, yaitu sekolah percontohan, sekolah biasa, Diknas, LP3-AP, pemerhati pendidikan local, dan Pemda Tabalong.
 Sedang sejarah dan profil LP3-AP diambil dari situs Adaro : www. lp3_adaropama.org/profil, selanjutnya peran CSR terhadap pendidikan di Tanjung 2002-2006 diambil dari perpustakaan Community Development atau LP3-AP, situs Pemda Tabalong : www.tabalong.go.id, data dari sekolah percontohan dan dari pemerhati pendidikan local.
 CSR sebagai suatu kebijakan dalam suatu perusahaan dianalisa dengan buku Arief Budiman yang berjudul Teori Negara, Negara, kekuasaan, dan ideology, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (2002 :89) menurut Arief kebijakan merupakan keputusan-keputusan public yang diambil oleh Negara dan dilaksanakan oleh aparat birokrasi. Merupakan sesuatu yang nyata. Untuk CSR di posisikan sebagai kebijakan, Adaro adalah Negara, dan LP3-AP adalah birokrasinya.
 LP3-AP sebagai suatu birokrasi dianalisa  dengan buku Soejono Soekanto yang berjudul Sosiologi, suatu Pengantar, penerbit  PT. Rajagrafindo Persada Jakarta (1990 : 391).
 Pendidikan yang menekankan pada hal praktik dalam peningkatan mutu dan tujuan pendidikan dianalisis dengan buku Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati yang berjudul Ilmu Pendidikan, terbitan Rineka Cipta, Jakarta (2001 : 68).
 Selanjutnya lembaga pendidikan yang sifatnya formal maupun non-formal dibatasi dengan buku yang sama (2001 : 163) yakni yang formal terbagi 2 yaitu Umum (TK sampai PT) dan Kejuruan (STM, SMEA, SMKK, SPK, SAA, SMPS, SPK, SMTP). Sedang non-formal yaitu PLPM (PKK remaja, perpustakaan masyarakat, kursus penyelenggaraan swasta) dan Keolahragaan.
 Pengertian peran sebagai bagian dari tugas utama yang harus dilaksanakan, pendidikan sebagai cara memelihara, memberi latihan tentang akhlak dan kecerdasan pikiran, dan lembaga pendidikan sebagai organisasi yang bermaksud melakukan suatu usaha pendidikan diambil dari KBBI edisi ketiga Balai Pustaka Jakarta : 2003. 
1.7 Sistematika Penulisan
Penulisan tentang peran Corprate Social Responsibility (CSR) terhadap Pendidikan di Tanjung 2002-2006 ini terdiri dari 5 bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan terdiri dari Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode dan Tehnik Penelitian, Tinjauan Pustaka, dan Sistematika Penulisan.
BAB II : PENDIDIKAN DI TANJUNG PRA LP3-AP terdiri dari : Keadaan Geografis kota Tanjung, Sebaran Lembaga Pendidikan di Tanjung, Keadaan Umum Lembaga Pendidikan di Tanjung dibagi dua sub bab : Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pendidikan Non-formal.
BAB III LEMBAGA PENGEMBANGAN POTENSI PENDIDIKAN – ADARO PAMA (LP3-AP) terdiri dari LP3-AP dalam Struktur Organisasi Adaro – Pama, Profil LP3-AP, dibagi 2 sub bab : Sejarah berdirinya LP3-AP dan Profilnya, Link LP3-AP dalam melakukan program kerja, Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) dibagi 3 sub bab : Pengertian Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR), CSR, Politik Etis atau Bukan?, dan Profil CSR dan dampaknya terhadap Pendidikan di Tanjung
BAB IV PERAN KEBERADAAN LP3-AP DAN CSRNYA TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002 – 2006 terdiri dari : Sekolah Percontohan, Sekolah Biasa, dan Perbandingan kualitas sekolah percontohan dengan sekolah biasa
BAB V PENUTUP terdiri dari Kesimpulan dan Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Soejono Soekanto. 1990. Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Drs. H. Abu Ahmadi, Dra Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
W. J. S Poerwadarminta. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdikbud. Jakarta : Balai Pustaka
Arief Budiman. 2002. Teori Negara, Negara, kekuasaan, dan ideology. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Varma, SP. 2003. Teori Politik Modern.  Jakarta :  PT. Rajagrafindo Persada

Lembaga :
Data dari Diknas kabupaten Tabalong
Data dari BPS kabupaten Tabalong
Data dari LP3-AP
Data dari Pemda kabupaten Tabalong
Data dari sekolah percontohan kabupaten Tabalong
Data dari sekolah biasa kabupaten Tabalong

Situs internet :
www.tabalong.go.id
www. lp3_adaropama.org/profil

About these ads

3 responses to “proposal q pasca seminar : PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002 – 2006

  1. jalian says:

    pabila kawadah ewa?

  2. fitriyanto says:

    maaf mengganggu sebentar,

    boleh gak saya minta, Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) dibagi 3 sub bab : Pengertian Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR), CSR, Politik Etis atau Bukan?, dan Profil CSR dan dampaknya terhadap Pendidikan di Tanjung sebagai bahan/literatur buat bahan penelitian saya.
    sebelumnya, trima kasih atas tanggapannya

    fitriyanto

  3. Agusmardi says:

    Tolong dong, gimana membuat proposal untuk perusahaan dimaksud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: