Neoratnayuwinda

welcome in my 2nd time

My proposal again : PERAN CSR ADARO TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002-2006

on January 19, 2008

PERAN CSR ADARO TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002-2006
BAB I  PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
1.2    Rumusan Masalah
1.3    Batasan Masalah
1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.5    Metode dan Tehnik Penelitian
1.6    Tinjauan Pustaka
BAB II KEADAAN PENDIDIKAN DI TANJUNG PRA CSR BERDIRI
2.1 Keadaan Geografis Kota Tanjung
2.2 Sebaran Lembaga Pendidikan di Kota Tanjung
2.3 Keadaan umum Lembaga Pendidikan di Kota Tanjung
BAB III CSR PT. ADARO-PAMA
3.1 Sejarah Berdirinya CSR
3.2 Profil CSR PT. Adaro-Pama
3.3 Kontribusi Terhadap Pendidikan di Tanjung dari CSR
BAB IV PERAN CSR ADARO TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002-2006
4.1 Keadaan Lembaga Pendidikan yang Tidak Mendapat Bantuan dari CSR
4.2 Keadaan Lembaga Pendidikan yang Mendapatkan Bantuan dari CSR
4.3 Contoh Konkrit Event-Event yang disponsori oleh CSR di Tanjung
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Refleksi Kritis (keadaan ideal dan factual)
JUDUL : PERAN CSR ADARO TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG
2002-2006
1.1 Latar Belakang Masalah
Proposal ini mengemukakan tentang peran CSR PT. Adaro-Pama terhadap pendidikan di Tanjung tahun 2002-2006. Sebagaimana diketahui pendidikan harus didukung oleh banyak pihak agar bisa berjalan dengan baik diantaranya oleh pemerintah, orangtua, masyarakat, dan siswa itu sendiri. Adapun pendidikan diadakan untuk membentuk manusia seutuhnya, karena hanya manusia yang seutuhnya yang dapat melakukan pembangunan dengan baik. Dalam hal ini pemerintah masih menggunakan criteria yang digunakan oleh manusia purba dalam menentukan pimpinannya yang dikenal dengan Primus Interpares yaitu yang paling baik diantara yang terbaik. Sosok Primus Interpares adalah gambaran manusia seutuhnya yang ingin dicapai melalui pendidikan.
Periodesasi yang di ambil disini adalah 2002-2006 karena CSR sendiri baru berdiri sekitar tahun 2002 dan akan mencoba memaparkan sepak terjangnya sampai akhir tahun 2006. Sedang spasialnya yaitu kota Tanjung karena sang penulis sendiri berasal dari kota tersebut, dan banyak karyawan dari PT. Adaro-Pama berasal dari kota Tanjung. Meski begitu tetap diusahakan agar penulisan tidak bersifat Adarosentris dan Tanjungsentris.
1.2 Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang yang telah dikemukakan dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana keadaan pendidikan di Tanjung pra CSR berdiri, Kenapa CSR didirikan, dan bagaimana peran CSR di Kota Tanjung 2002-2006.
1.3 Batasan Masalah
Dalam metode sejarah ada 2 batasan yaitu batas spasial dan temporal. Batas spasial dalam proposal ini kota Tanjung kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan, sedangkan batas temporal dalam proposal ini adalah 2002-2006 sebagai titik pokok persoalan tetapi dibantu oleh selayang pandang ke beberapa tahun kebelakang untuk menjelaskan keadaan yang ada sekarang khususnya dalam bahasan keadaan lembaga pendidikan pra CSR berdiri.
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan beberapa peran CSR kepada pendidikan di kota Tanjung sebagai bentuk ganti rugi pengambilan butir batu bara dan untuk menuntaskan keingintahuan besar peran CSR untuk pendidikan di Kota Tanjung serta mambuktikan bahwa peran CSR bagi pendidikan di Tanjung itu nyata.
Sedangkan manfaat dari penelitian ini antara lain diharapkan dapat memperkaya Perpustakaan daerah dan Web pribadi, memperkaya khasanah pengetahuan insan pelajar dan masyarakat umum tentang sejarah perekonomian local, untuk feed back atau umpan balik bagi CSR PT. Adaro-Pama sendiri tentang aktifitasnya, dan yang terakhir diharapkan bisa memberikan ilham bagi penulisan berikutnya dengan bahasan yang berbeda.
1.5 Tinjauan Pustaka
Keadaan pendidikan di kota Tanjung Pra CSR PT. Adaro berdiri dianalisa dari data Diknas dan BPS kabupaten Tabalong tentang banyaknya anak yang sekolah dari keseluruhan jumlah umur wajib sekolah, juga observasi dan wawancara pada lembaga pendidikan yang kompeten untuk bahasan ini, yaitu yang pernah dan belum pernah mendapat bantuan dari CSR PT. Adaro-Pama. Sedangkan Sejarah dan Profil CSR diambil dari situs Adaro : http://www.lp3_adaropama.org. Selanjutnya peran CSR PT. Adaro terhadap pendidikan di Tanjung 2002-2006 diambil dari keterangan dan kepustakaan CSR PT. Adaro-Pama sendiri dan dari situs Pemda Tabalong : http://www.tabalong.go.id.
CSR sebagai individu dalam lingkungan organisasi PT. Adaro-Pama dianalisa dengan buku Soerjono Soekanto yang berjudul Sosiologi, Suatu pengantar, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada Jakarta (1990 : 243) dan mengenai CSR sebagai suatu birokrasi juga dianalisa dengan buku yang sama (1990 : 391).
Mengenai pendidikan, baik pengertian secara umum dan seputarnya dibahas dengan buku Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyah yang berjudul Ilmu Pendidikan, terbitan Rineka Cipta : Jakarta (2001 : 68).
1.6 Metode Penelitian dan Tehnik Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri :
1.    Heuristik, yaitu pencarian dan pengumpulan sumber-sumber yang mendukung bahasan masalah.
2.    Kritik Internal dan eksternal, tentang kesahihan sumber, relevan dan dapat dipercaya.
3.    Interpretasi atau penafsiran untuk mendapatkan maknanya dan menarik kesimpulan.
4.    Historiografi, penulisan kembali hasil penelitian dalam bentuk yang sistematis dan ilmiah berupa narasi dengan penjelasan yang mendukung.
Langkah-langkah diatas akan dirinci sebagai berikut : pertama, heuristic. Penulis mendapatkan data tentang peran CSR terhadap pendidikan di Tanjung dari perpustakaan pusat Universitas, Perpustakaan fakultas, Perpustakaan daerah, Perpustakaan CSR PT. Adaro, informan, lembaga-lembaga yang bersangkutan seperti Depdiknas, BPS, dan atau Dinas social serta dari Internet.
Langkah kedua, penyaringan sumber-sumber secara kritis sehingga terjaring fakta-fakta yang diperlukan untuk penyusunan penulisan. Kritik yang dilakukan adalah kritik internal yaitu pada substansi dan kritik eksternal yaitu pada bahan materi sumber.
Langkah ketiga adalah menafsirkan data yang telah diperoleh untuk diuji kebenarannya. Langkah keempat, adalah penulisan kembali data-data hasil penelitian yang telah diuji kebenarannya sehingga menghasilkan tulisan ini.
Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara dengan objek penelitian melalui serangkaian Tanya-jawab secara langsung. Tehnik kedua adalah studi kepustakaan dengan sejumlah literature dan buku untuk melengkapi data yang mungkin tidak didapatkan dari tehnik pertama.
1.7 Sistematika Penulisan
Penulisan tentang Peran CSR PT. Adaro Terhadap Pendidikan di Kota Tanjung 2002-2006 ini terdiri dari 5 bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan terdiri dari Latar Belakang masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Tehnik Penelitian, Tinjauan Pustaka, dan Sistematika Penulisan.
BAB II : Keadaan Pendidikan di Tanjung pra CSR Berdiri : keadaan geografis kota Tanjung, Sebaran Lembaga Pendidikan di kota Tanjung, dan Keadaan umum Lembaga Pendidikan di kota Tanjung.
BAB III : CSR PT. Adaro-Pama : Sejarah Berdirinya CSR, Profil CSR PT. Adaro-Pama, Kontribusi Terhadap Pendidikan di Tanjung dari CSR.
BAB IV : Peran CSR PT. Adaro terhadap Pendidikan di kota Tanjung 2002-2006 : Keadaan Lembaga Pendidikan yang tidak mendapat bantuan dari CSR, Keadaan Lembaga Pendidikan yang mendapatkan bantuan dari CSR, Contoh Konkrit Event-event yang disponsori CSR di Tanjung.
BAB V : Penutup, terdiri dari kesimpulan, refleksi kritis.

Garis Besar Masalah :
Untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu diperlukan dana yang tidak sedikit, sementara yang bisa berswadaya untuk mendapatkan pendidikannya juga tidak banyak. Dilain pihak pemerintah mewajibkan pendidikan dasar 9 tahun. Tetapi kemampuan untuk membayar uang sekolah saja tidak cukup untuk pendidikan bermutu tinggi juga diperlukan tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya, fasilitas sekolah / lembaga pendidikan yang memadai, didukung pula dengan perpustakaan dengan buku-buku yang sesuai dan gedung yang bagus. Kebanyakan sekolah yang didirikan oleh pemerintah salahsatunya SD Inpres konstruksinya dibuat seperti tanpa konsep atau dibuat dengan konsep Asal bapak Senang, sehingga dalam waktu singkat sekolah itu tidak layak pakai dan terlihat bobrok.
Selain itu ada lembaga pendidikan yang menggunakan tenaga pengajar yang merangkul semua mata pelajaran termasuk menjadi wali kelas. Sehingga siswa kadang dilanda kebosanan dalam belajar dan diwujudkan dengan tindakan pengganggu dalam kelas. Demikian keadaan sekolah yang pernah penulis alami, kadang ditambah dengan beceknya lapangan upacara ketika musim hujan menghambat pelaksanaan upacara bendera.
Disisi lain kita mengetahui bahwa bumi Kalimantan selatan adalah penghasil batubara, penggalian diawali tahun 1850 di Pengaron, Martapura oleh VOC yang kemudian dihentikan karena diantaranya ketiadaan jalur air yang mendukung pengangkutan batubara, sehingga pada zaman sekarang batubara diangkut menggunakan truk. Dan pada tahun 1981 dimulai lagi oleh PT. Adaro-Pama berpusat di desa Dahai yang lokasinya diantara kabupaten Balangan dan kabupaten Tabalong.
CSR atau Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan ADARO-PAMA di tujukan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan formal di daerah operasional bisnis PT. Adaro Indonesia dan PT. Pamapersada Nusantara dengan berbasis kapada pembinaan kemandirian berkesinambungan, pengembangan sumber daya lokal, pemanfaatan tehnologi terkini dengan orientasi global dan masa depan. Berdiri resmi pada tanggal 2 Oktober 2005 yang ditandai dengan penandatanganan MoU pelaksanaan program Community Development bidang pendidikan dengan Bupati Tabalong, Bupati Balangan, dan Bupati Barito Timur. Sejauh ini telah melatih 1.000 guru, Kepala sekolah, dan pengawas, di tiga kabupaten tersebut.  Adapun program CSR ini adalah sebagai berikut :
1. Peningkatan kualitas tenaga pengajar dan pengelola pendidikan mencakup :
    Pelatihan up-grading guru dan pendampingan dalam kegiatan belajar-mengajar
    Pembenahan manajemen pengelolaan pendidikan
    Sertifikasi dan supervisi eleman kegiatan belajar mengajar
2. Pembenahan infrastruktur pendidikan mencakup :
    Pengelolaan beasiswa dan beaguru berbasis kinerja dan prestasi
    Penyusunan skala prioritas pembangunan sarana fisik pendidikan
    Perbaikan dan manajemen perpustakaan
Salah satu peran CSR yang telah dilakukan untuk pendidikan di Tanjung pada tahun 2003 adalah pemberian beasiswa kepada 15 mahasiswa S1 semester 1 sejumlah 5 juta (SK P dan K no. 107/A1-IV/Diknas 2004). Dengan ketentuan mahasiswa berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi, dan bila Indeks Prestasi tidak mencukupi beasiswa dihentikan (Jurusan social 3,00 dan eksakta 2,75). Selain beasiswa, CSR juga memberikan bantuan sarana dan peralatan sekolah, ditambah acara-acara seperti lomba lukis untuk siswa SD dan TK (data dari http://www.tabalong.go.id).
DAFTAR BACAAN
Buku :
Soejono Soekanto, 1990. Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Drs. H. Abu Ahmadi, Dra. Nur Uhbiyati, 2001.Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Lembaga :
Data dari Depdiknas Kabupaten Tabalong
Data dari BPS Kabupaten Tabalong
Situs Internet :
http://www.lp3_adaro-pama.org/profil
http://www.tabalong.go.id


9 responses to “My proposal again : PERAN CSR ADARO TERHADAP PENDIDIKAN DI TANJUNG 2002-2006

  1. bagdies says:

    makalah yang bagus
    salam kenal yah
    by http://www.kawasah.co.cc

  2. sahrudin says:

    bentuk lain dari iklan adaro.

  3. uthie says:

    waw…
    neoratnayuwinda…

    bisa jadi reverensi saya untuk mlanjutkan studi S-1
    boleh ngga shering2

    tema yang saya ambil sama, cuma beda perusahaan ja

    thx buanget

  4. kahfi says:

    mau tanya mba…di Tanjung Tabalong itu ada Universitasnya ga????????? please help me…thanks

  5. vemmy says:

    iki tante atau om ya….

    yang ditulis ini makalah atau hasil riset. kalo makalah ????, tp klo penelitian, metode ny apa???? justmentnya gmn??? hehehe….. masih jauh bgt mas…. baru kulit luarnya sj nih…. so jgn lupa kunci riset adalah kejujuran data spy hasilnya dpt dgunakan sebagai landasan pembuat keputusan…. jadi selamat mencoba riset baru yaaa

  6. neoratnayuwinda says:

    @ bagdis : thanks udah mampir, baru belajar
    @ sahrudin : kaya ngeiklan kah? padahal mo bikin yang tanjungsentris neah… hehehe
    @ uthie : boleh aja, open source nih..
    @ kahfi : yang ada baru sekolah tinggi en universitas terbuka dari Uvaya, universitas mungkin akan nyusul
    @ vemmy : ini proposal saya yang gagal tahun lalu mba, waktu itu PT. Adaro blom mulai usaha CSR, klo yang tahun ini bejibun bahannya. saya juga udah ganti judul lagi, gak jadi makai yang ini. btw, thanks

  7. neo…klo bahanny masih ada…boleh copy dong…ku mo ambil tesis ttg CSR adaro ini…kebetulan interest banget ma masalah ini..thx

  8. neo…boleh dong ngopy bahannya…kebetulan tesisku ttg csr adaro-pama…

  9. neoratnayuwinda says:

    hee.. mohon maaf,, bukannya gak mau ngasih, tapi waktu q penelitian yang itu, di adaronya gak ada. udah 2009an keatas udah banyak tentang CSR adaro,, cari aka di koran2 lokal Tanjung,, good luck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: