Neoratnayuwinda

welcome in my 2nd time

80 tahun sumPah pemudA

on October 28, 2008

Sumpah pemuda dah berlalu 80 tahun yang lalu. bagi orang2 tetentu sih ni moment historial banget. katanya jaman tahun 1928 itu pemuda2 dari berbagai daerah kumpul en membuat sumpah untuk bersatu dibawah naungan bangsa indonesia. tapi gak tau pasti apakah sumpah itu antar mereka saja atau berlaku untuk seluruh anak cicit generasi berapa pun.

27 oktober 2008. di FKIP kampus dan almamater ‘tercinta’ kata some orang yang mengincar sesuatu didalamnya, hehe.. ada lomba paduan suara, tari n madihin di Sakadomas yang letaknya ditengah2 kelas didalam kampus. pas denger lagu2 yang dinyanyikan oleh temen2 PS, lagunya itu memuat kriteria mahasiswa yang das sollen atau ideal banget disana. yang kita lihat sehari2 dikampus gak gitu banget atau malah sebaliknya dari lagu tersebut. sadar atau gak lagu itu hanya jadi sekedar lagu yang dinyanyikan pada saat seremonial doang semacam yudisium ataupun wisuda.

banyak dari kita lebih senang melakukan persiapan perburuan untuk mendapatkan cinta pada lain jenis dari pada mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa sejati secara intelektual. jika movitasi kuliah dirangkum menjadi 3 tujuan yaitu Cita, Citra, dan Cinta maka yang ada sekarang adalah motivasi ketigalah yang paling banyak dikejar. kampus sebagai lahan mencari pacar.

sering mungkin dialami, dikelas klo ujian atau ada tugas cara paling gampang nyelesaiinnya adalah dengan mencontek atau buka diktat. jarang ada tiap kelas yang riuh dengan adu argumentasi sebagian besar peserta kuliah tetapi senyap. hanya suara2 tertentu aja yang naik kepermukaan. sedang diluar kelas, gayanya necis2 sesuai derajat orang tuanya masing2. perutnya gendut2 karena begitu makmurnya Banjarmasin.

pembicaraannya pun seputar hal2 pacar, gosip di tv, rencana masa depan pasca sarjana, kesempatan sidang bagi yang menyelesaikan skripsi, bercanda, masalah proker dalam organisasi, lomba2 yang lagi diikuti… fiuuwww! kayaknya mereka lebih suka mengucapkan sumpah cinta mereka dari pada melanjutkan sumpah pemuda. bahkan ada yang lebih parah nih, masa tanggal 28 oktober dibilang hari pahlawan? calon guru gitu lohhh?

lalu bagaimana dengan sumpah pemuda? yang melegakan adalah belum ada disintegrasi kedua setelah Tim-tim.. good luck indonesia! selamat hari sumpah pemuda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: